Dari Dapur ke Ladang: Ubah Kulit Bawang Jadi Pestisida Organik Andalan!

Diubah pada 15 Agustus 2024

image

Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro tahun 2024 berpartisipasi dalam upaya mengurangi limbah organik kulit bawang dengan mengolahnya menjadi Pestisida.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Zahrotul Masruroh, mahasiswi KKN Program Studi Teknik Lingkungan, yang berlangsung di Balai Desa Karangjati, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen Jawa Tengah pada Minggu (28/07/2024).

Pemanfaatan limbah kulit bawang sebagai pestisida organik merupakan solusi inovatif untuk memanfaatkan limbah organik rumah tangga menjadi produk yang bermanfaat bagi pertanian. Pestisida organik dari kulit bawang adalah cairan hasil ekstraksi senyawa aktif dari kulit bawang ke dalam air.

Kulit bawang mengandung senyawa Acetogenin yang memiliki sifat insektisida yang kuat, sehingga produk ini dapat mengendalikan hama dan meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu PKK Desa Karangjati. Selain penyampaian materi, kegiatan juga disertai dengan demonstrasi pembuatan pestisida organik dari limbah kulit bawang. Selanjutnya, mahasiswa KKN membagikan leaflet yang berisi informasi pestisida beserta kandungannya dan cara pembuatannya, agar ibu-ibu PKK dapat mengimplementasikannya di rumah.

Pada pelaksanaannya, para ibu-ibu PKK terlihat antusias dalam memperhatikan demonstrasi dan aktif bertanya saat penyampaian materi maupun demonstrasi.

“Terimakasih untuk mahasiswa KKN yang sudah melakukan penyuluhan mengenai pembuatan pestisida yang sangat inovatif, semoga dapat ditindak lanjuti oleh ibu-ibu Desa Karangjati” ujar salah satu warga Dukuh Bulak Desa Karangjati.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan keterampilan masyarakat dalam mengelola limbah organik, serta mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan memanfaatkan sumber daya secara optimal.

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro tahun 2024 ikut serta dalam upaya mengurangi limbah organik dengan mengolahnya menjadi Pestisida.