Program Pembaharuan Desa Karangjati Menelusuri Pembuatan Website Desa

Diubah pada 16 Agustus 2024

image

Karangjati, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen (13/08/2024) -Universitas Diponegoro merupakan salah satu universitas terbesar di Jawa Tengah. Dalam mempersiapkan mahasiswanya untuk menghadapi permasalahan dimasyarakat Universitas Diponegoro menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dalam menjalankan Kuliah Kerja Nyata mahasiswa Universitas Diponegoro ditugaskan untuk membuat program kerja monodisiplin dan multidisiplin untuk mengembangkan atau bahkan mengatasi permasalahan yang ada pada setiap lokasi KKN sesuai dengan SDG’S.

Salah satu lokasi KKN Tim II UNDIP adalah Desa Karangjati dimana berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim II UNDIP bahwasanya di desa ini memiliki potensi yang besar yaitu berupa produksi mebel dari kayu jati yang cukup terkenal di Jawa Tengah beserta memiliki sebuah tradisi yang unik dan memiliki sejarah desa yang sangat menarik. Tapi sangat disayangkan desa ini perlu adanya pembaharuan dan digitalisasi profil desa agar lebih mudah di ekspos oleh masyakarat luas bahwasanya desa karangjati ini memiliki UMKM yang sangat berkembang dan memiliki tradisi yang sangat unik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut mahasiswa KKN Tim II Undip berinisiatif untuk membuat sebuah profil website desa yang baru. Hal ini dilakukan guna untuk mempermudah perangkat desa untuk mengupdate berita terkini, keberlanjutan potensi-potensi di Desa Karangjati, serta visi misi di desa tersebut. Agar para masyarakat luas mengetahui informasi tentang desa karangjati.

Perangkat desa beserta masyarakat desa menyambut dengan sangat antusias. Antusiasme ini terlihat bagaimana para perangkat desa beserta masyarakat mendengar dan memberi sebuah apresiasi kepada kami saat kami memaparkan dan menjelaskan kembali terkait profil website desa yang sudah kami buat. Para perangkat desa berterimakasih kepada mahasiswa TIM KKN II UNDIP karena telah membuat sebuah profil web desa karangjati yang baru dan bisa lebih mudah untuk memasuki data.

 

Penulis : Tim Mahasiswa  KKN II , Universitas Diponegoro